Cermati teks berikut!

Di sebuah hutan yang lebat, hiduplah seekor bebek yang tidak percaya diri dengan bulunya. Ia merasa bulu yang dimilikinya terlalu gelap dan terlihat kotor. Teman-temannya di hutan pun sering mengejeknya “bebek dekil”. Untunglah ada kelinci, kura-kura, dan tupai yang selalu membela bebek.

Suatu hari raja hutan mengadakan perlombaan menyanyi yang terbuka untuk seluruh rakyat hutan. Semua warga hutan mempersiapkan dirinya dengan matang, termasuk bebek. Ketika hari perlombaan tiba, semua binatang berdandan dengan menawan.

Ketika giliran bebek naik ke atas panggung, semua warga hutan langsung menyorakinya dengan ejekan-ejekan. Bebek hampir menangis, tapi ia sangat ingin bernyanyi. Bebek berusaha keras menahan perasaannya dan akhirnya berhasil mengeluarkan suara nyanyiannya. Betapa terkejutnya warga hutan, karena suara bebek begitu merdu. Sejak saat itu warga hutan sangat mengagumi bebek dan warna gelap bulunya menjadi ciri khasnya, bukan lagi bahan ejekan.

Konflik cerita yang tepat berdasarkan teks cerita tersebut ....

A

bebek menangis tetapi tetap ingin bernyanyi

B

bebek memiliki bulu yang dekil sehingga ia tidak percaya diri

C

warga hutan mulai menyukai bebek karena suara merdunya

D

ketika bebek akan bernyanyi, ia kesulitan mengeluarkan suaranya

Pembahasan:

Konflik cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya suatu permasalahan dalam cerita atau hal yang memicu timbulnya perselisihan/masalah antara tokoh satu dengan tokoh lain atau seorang tokoh dengan dirinya sendiri.

Dalam teks cerita tersebut yang menjadi tema cerita adalah bebek yang memiliki bulu gelap dan dekil sehingga ia tidak percaya diri. Konflik ini termasuk konflik dalam diri sendiri. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "bebek memiliki bulu yang dekil sehingga ia tidak percaya diri".

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.991 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini