Bank Soal IPA SMP Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Soal

Pilgan

Pabrik industri berbahan kayu mulai banyak menerapkan teknologi biopulping dalam proses pengolahan mereka. Berikut pernyataan yang benar tentang teknologi biopulping adalah ….

A

proses pelapukan dilakukan secara alami dengan bantuan bakteri dan tumbuhan

B

contoh mikroorganisme yang dapat digunakan yaitu Phlebia subserialis dan Ceriporiopsis subvermispora

C

utamanya diterapkan pada industri di bidang tekstil

D

teknologi biopulping diterapkan karena pelapukan dengan bahan kimia berlangsung sangat lama

Pembahasan:

Teknologi ramah lingkungan atau disebut juga dengan sustainable technology dan green technology adalah sebuah gagasan untuk menerapkan poin-poin pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan teknologi saat ini.

Teknologi ramah lingkungan mengaplikasikan teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang. Teknologi ramah lingkungan dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti energi, transportasi, lingkungan, dan industri.

Pada bidang industri, teknologi ramah lingkungan diterapkan pada proses-proses produksi maupun pengolahan limbah dalam kegiatan industri, salah satu contohnya adalah teknologi biopulping. Biopulping adalah teknologi untuk mengolah limbah yang mengandung zat kayu (lignin) dengan proses pelapukan yang dibantu oleh jamur dan mikroba. Biopulping biasa diterapkan pada industri-industri berbahan kayu seperti pabrik kertas. Organisme yang dapat dimanfaatkan untuk teknologi ini di antaranya jenis kapang (jamur) Phlebia subserialis dan Ceriporiopsis subvermispora. Sebelumnya, limbah dari pabrik kertas diuraikan menggunakan bahan kimia seperti soda api, sulfit, dan garam sulfida. Namun, bahan kimia ini akan memberikan efek negatif jika digunakan secara terus-menerus.

Jadi, pernyataan yang benar tentang teknologi biopulping adalah contoh mikroorganisme yang dapat digunakan yaitu Phlebia subserialis dan Ceriporiopsis subvermispora.

K13 Kelas IX IPA Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan Skor 2
Memahami LOTS
Video
16 Maret 2020
Alat-Alat Optik | IPA | Kelas IV
Rangkuman
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal