Bank Soal IPA SMP Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Soal

Pilgan

Berikut ini yang merupakan penerapan teknologi ramah lingkungan di bidang transportasi adalah ….

A

photovoltaic cell

B

biofuel

C

solar cell

D

solar car

Pembahasan:

Teknologi ramah lingkungan atau disebut juga dengan sustainable technology dan green technology, adalah sebuah gagasan untuk menerapkan poin-poin pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan teknologi saat ini.

Teknologi ramah lingkungan dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, di antaranya bidang energi, transportasi, lingkungan, dan industri.

Pada bidang transportasi, teknologi ramah lingkungan diterapkan melalui pemanfaatan energi yang diperoleh dari berbagai sumber energi alternatif untuk alat transportasi yang ramah lingkungan atau rendah emisi berbahaya. Beberapa contoh penerapannya adalah kendaraan hidrogen, kendaraan bertenaga surya, dan kendaraan bertenaga listrik.

Salah satu contoh kendaraan bertenaga surya adalah solar car atau mobil dengan tenaga surya. Mobil surya adalah mobil yang energi utamanya berasal dari sinar matahari. Panel surya (solar cell) atau disebut juga photovoltaic cell adalah komponen yang terpasang pada bagian atas kendaraan dan berfungsi menyerap energi cahaya matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Cahaya matahari yang mengenai panel surya akan menghasilkan emisi elektron pada komponen panel. Emisi elektron tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan menjadi listrik. Selain itu, sel surya terbuat dari silikon (Si) yang dimurnikan dengan beberapa logam yang mampu menghasilkan listrik. Saat ini panel surya juga dilengkapi motor elektrik yang dapat membantu panel surya untuk tetap menghadap cahaya matahari pada siang hari. Solar car menjadi salah satu teknologi paling ramah lingkungan karena pada pengoperasiannya tidak mengemisikan senyawa kimia berupa apapun.

Jadi, penerapan teknologi ramah lingkungan di bidang transportasi adalah solar car.


NOTE:

  1. Photovoltaic cell adalah nama lain dari panel surya. Panel surya merupakan teknologi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik.
  2. Biofuel adalah jenis bahan bakar alternatif yang berasal dari bahan organik seperti tumbuh-tumbuhan.
  3. Solar cell atau panel surya, adalah teknologi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik.
K13 Kelas IX IPA Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan Skor 1
Mengetahui LOTS
Video
16 Maret 2020
Alat-Alat Optik | IPA | Kelas IV
Rangkuman
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal