Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menguraikan Urutan Peristiwa

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Semut dan Belalang

Ilustrasi by Muhammad Ridlo for kejarcita


Menjelang akhir musim panas, hari masih terasa hangat dan cerah. Belalang merasa gembira karena ia hangat dan kenyang. Ia pun memainkan biola kesayangannya sambil bernyanyi dan menari. Begitulah yang dilakukan Belalang setiap harinya. Tidak pernah terlintas dalam benaknya untuk bekerja dan mengumpulkan bekal musim dingin. Padahal musim panas akan segera berakhir, dan musim dingin akan datang. Makanan akan lebih sulit didapatkan ketika musim dingin.

Di saat Belalang asyik bermain biola, ia melihat Semut melintas di depan rumahnya. Sang semut sedang bersusah payah memanggul makanan yang dikumpulkannya dari hutan. Ia ingin punya bekal musim dingin yang cukup untuk keluarganya. Melihat semut yang sibuk bekerja, Belalang lantas berseru,”Mut, Semut, yuk istirahat dulu! Mari sini, aku jamu dengan makanan dan nyanyian!”

“Maaf Belalang, aku tidak bisa berkunjung ke rumahmu! Aku masih banyak pekerjaan. Sebelum musim dingin mulai, aku ingin menumpuk cadangan makanan sebanyak-banyaknya. Aku juga mesti menyiapkan penghangat di rumahku supaya keluargaku tidak kedinginan. Aku sibuk sekali!”

Belalang terkejut karena Semut menolak undangannya.

“Ah, jangan begitu, Semut! Masih banyak waktu kok! Yang penting kita nikmati dulu hidup ini dengan bernyanyi dan bersenang-senang!”

Semut tetap menolak dengan santun sambil berlalu. Belalang menggeleng-gelengkan kepalanya lalu kembali bersenang-senang seperti sebelumnya.

Ternyata tahun ini musim panas berakhir lebih cepat dari biasanya. Tiba-tiba suhu menjadi sangat dingin. Belalang yang belum mempersiapkan apa-apa lantas panik bukan main. Gudangnya kosong tanpa persediaan makanan, dan rumahnya terasa dingin, belum disiapkan untuk ditinggali di musim dingin.

Sembari menggigil, Belalang berjalan menuju ke rumah Semut.

“Mut, Semut, bolehkah aku tinggal di rumahmu dan berbagi makananmu?” tanya Belalang dengan malu-malu.

“Maafkan aku, Belalang, aku tidak bisa membantumu. Rumahku terlalu kecil untukmu, dan bekalku hanya cukup untuk keluargaku saja,” jawab Semut.

Belalang pun meninggalkan rumah Semut dengan rasa sesal dan cemas. Dalam hati ia berpikir,”Andai saja aku mengikuti nasihat Semut saat itu untuk bekerja keras. Pasti saat ini aku sudah kenyang dan tidur nyenyak di dalam rumah.”

(Sumber: woazy.com, dengan penyesuaian)

Berdasarkan cerita fabel di atas, jika Semut mengikuti ajakan Belalang untuk bersenang-senang, yang akan terjadi adalah ....

A

Belalang dan Semut akan hidup nyaman di musim dingin

B

Semut mungkin hidup kurang nyaman di musim dingin

C

Belalang menjadi sadar untuk bekerja keras

D

Semut akan menjadi teman yang membantu Belalang nantinya

Pembahasan:

Teks yang bercerita tentang penyesalan tanggapan Semut terhadap ajakan Belalang ada di paragraf ketiga.

“Maaf Belalang, aku tidak bisa berkunjung ke rumahmu! Aku masih banyak pekerjaan. Sebelum musim dingin mulai, aku ingin menumpuk cadangan makanan sebanyak-banyaknya. Aku juga mesti menyiapkan penghangat di rumahku supaya keluargaku tidak kedinginan. Aku sibuk sekali!”

Dari kalimat-kalimat di atas, dapat disimpulkan kalau Semut menolak ajakan Belalang karena ia ingin menyiapkan diri untuk musim dingin. Jika ia menerima ajakan Semut untuk bersenang-senang, ia mungkin tidak bisa mengumpulkan makanan yang cukup dan tidak menyiapkan penghangat di rumahnya. Dengan begitu, Semut mungkin hidup kurang nyaman di musim dingin.


K13 Kelas V Bahasa Indonesia Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa Skor 3
Video LOTS
Video
02 Januari 2021
Menguraikan Urutan Peristiwa | Bahasa Indonesia | Kelas V
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal