Bank Soal IPA SMP Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Soal

Pilgan

Alat transportasi yang telah dikembangkan secara teknologi namun belum menerapkan prinsip ramah lingkungan adalah ….

A

motor listrik

B

becak

C

kereta uap

D

mass rapid transit

Pembahasan:

Teknologi ramah lingkugan atau disebut juga dengan sustainable technology dan green technology adalah sebuah gagasan untuk menerapkan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan teknologi saat ini.

Diantara prinsip-prinsip pelestarian lingkungan yang diterapkan adalah:

  • Sumber daya alam terbarukan,
  • Bahan dan komponen ramah lingkungan,
  • Produk sisa atau limbah ramah lingkungan,
  • Hemat energi.

Teknologi ramah linkungan juga telah banyak diterapkan pada berbagai macam alat transportasi, seperti mobil, motor dan kereta. 

Motor listrik adalah contoh alat transportasi yang telah dikembangkan dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan. Motor listrik menghasilkan emisi atau produk sisa yang lebih rendah dari kendaraan berbahan bakar minyak.

Becak adalah contoh kendaraan yang telah menerapkan menerapkan prinsip ramah lingkungan sejak pertama kali kendaraan ini diciptakan. Ia tidak membutuhkan bahan bakar dan tidak menghasilkan emisi apapun.

Kereta uap adalah contoh alat transportasi yang dikembangkan secara teknologi namun belum menerapkan prinsip ramah lingkungan. Energi untuk menjalankan mesinnya diperoleh dari SDA yang tidak terbarukan, seperti minyak dan batu bara. Selain itu, pada operasinya kereta uap menghasilkan emisi berbahaya bagi lingkungan dalam konsentrasi tinggi. Saat ini, kereta uap sudah tidak digunakan sebagai alat tranportasi antarkota maupun provinsi di Indonesia. Beberapa kereta uap yang masih beroperasi di Indonesia dapat ditemukan di Solo dan Semarang. Namun, lokomotif-lokomotif tersebut hanya dioperasikan untuk sektor pariwisata.

Kereta mass rapid transit atau (MRT) adalah contoh alat transportasi yang telah dikembangkan dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan. Kereta listrik MRT menghasilkan emisi atau gas buang yang lebih rendah dari kereta uap pada pengoperasiannya.

Jadi, alat transportasi yang telah dikembangkan secara teknologi namun belum menerapkan menerapkan prinsip teknologi ramah lingkungan adalah kereta uap.

K13 Kelas IX IPA Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
16 Maret 2020
Alat-Alat Optik | IPA | Kelas IV
Rangkuman
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal