Bank Soal IPA SD Pernapasan pada Manusia

Soal

Pilgan

Perhatikan perbedaan gambar paru-paru sehat dan tidak sehat berikut!

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan kebiasaan merokok. Menurut WHO, setiap menit dari seluruh dunia ada 10 orang meninggal akibat rokok. Tidak hanya perokok aktif yang beresiko terkena dampaknya, namun juga perokok pasif. Bahan yang terkandung pada rokok dan memicu terjadinya penyakit yaitu ... (Pilih semua jawaban benar!)

A

kandungan nikotin dapat menetralisir tar di dalam tubuh

B

kandungan nikotin menyebabkan paru-paru lemah dalam memompa darah bersih ke seluruh tubuh

C

hasil pembakaran rokok (tar) menempel pada paru-paru

D

radikal bebas memicu terjadinya kerusakan saluran napas

Pembahasan:

Rokok merupakan sumber utama terjadinya kanker paru-paru. Tidak hanya rokok, asap rokok juga berbahaya baik bagi perokok itu sendiri maupun orang-orang disekitarnya. Asap rokok mengandung berbagai bahan berbahaya seperti nikotin, tar dan radikal bebas.

Nikotin merupakan bahan yang membuat perokok menjadi kecanduan karena mengandung zat adiktif. Nikotin menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Jika pasokan oksigen tidak memenuhi kebutuhan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit dan dapat berujung pada kematian.

Tar merupakan cairan kental berwarna coklat tua yang bersifat lengket dan dapat menempel pada paru-paru. Dalam tar terdapat bahan-bahan karsinogenik (penyebab kanker) seperti polisiklik hidrokarbon aromatis. Penumpukan tar pada paru-paru dapat memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru.

Asap rokok mengandung molekul radikal yang memicu terjadinya kerusakan saluran napas. Tidak hanya untuk perokok aktif, namun berbahaya juga untuk perokok pasif yang menghirup asap rokok tersebut.

K13 Kelas V IPA Biologi Organ Pernapasan Pernapasan pada Manusia Skor 2
Memahami LOTS
Video
18 Maret 2020
Pernapasan pada Manusia | IPA | Kelas V
Rangkuman
17 Agustus 2020
Pernapasan pada Manusia | IPA | Kelas 5 | Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan | Subtema 2 Pentingn...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal