Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Soal

Pilgan

Cermati kutipan novel di bawah ini!

Perempuan muda itu berteriak kepada seorang kakek di hadapannya, "Jangan sampai aku bertemu kamu lagi di masa depan! Gara-gara kamu, aku dipecat!"

Kakek yang sudah berusia 60 tahunan itu menatap perempuan itu ragu di balik gurat wajahnya yang terlihat jelas. Perempuan itu masih sibuk mengomelinya karena sebagai driver ojek online, ia tidak sanggup ngebut di atas kecepatan standar.

"Maafkan saya, Mbak," ucap kakek tersebut masih menunduk. Mendung gelap menggantung di langit, menutupi matahari yang hampir tenggelam. Sesaat kemudian, hujan deras turun. "Lihat sekarang aku terjebak hujan di sini denganmu! Dasar pembawa sial!" bentak perempuan itu lagi.

"Ayah!" tiba-tiba terdengar suara lelaki memanggil. Baik kakek tua dan perempuan muda itu menoleh. Laki-laki dengan jas birunya membuka payung lebar-lebar dan tergesa mendekati kakek tua itu.

"Ah, Ayah. Sudah kubilang jangan bekerja lagi. Seharusnya Ayah di rumah saja." Kakek tua itu tertawa mendengar anaknya kembali menasihatinya. Sesaat laki-laki yang ternyata adalah atasan perempuan muda itu menoleh kepada perempuan muda itu. "Ternyata keputusan saya memecat kamu tidak salah. Saya melihat kamu memaki Ayah saya yang tidak bisa mengebut di jalan. Kalau kamu sadar, perihal telatnya kamu di kantor ini adalah kesalahanmu sendiri yang tidak bisa memperkirakan waktu. Sudahlah, percuma saya berbicara. Ayo, Ayah.. Kita pulang." Laki-laki itu merangkul Ayahnya hangat dan mereka pun berjalan beriringan menuju mobil untuk pulang.

Amanat yang dapat diambil dari kutipan tersebut adalah ....

A

jangan mengebut di jalanan

B

jangan naik ojek online apabila hendak berangkat ke kantor

C

jangan menyalahkan orang lain atas kesalahan kita sendiri

D

hormatilah Ayah atasan kita

Pembahasan:

Amanat adalah nasihat atau pesan yang hendak disampaikan penulis kepada pembacanya. Apabila kita cermati kutipan tersebut, kutipan itu bercerita tentang seorang perempuan muda yang dipecat akibat telat datang ke kantor dan ia menyalahkan pengemudi ojek online yang tidak bisa mengebut. Perempuan tersebut juga berlaku tidak sopan dengan melimpahkan kekesalannya dengan berteriak dan memaki pengemudi yang sudah berumur banyak atau lebih tua darinya.

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari kutipan tersebut.

  1. Janganlah membentak, memaki siapapun karena hal tersebut tidak sopan apalagi kepada orang yang lebih tua terlepas dari apapun jabatan mereka.
  2. Jangan menyalahkan orang lain akibat kelalaian kita sendiri. Perempuan muda tersebut lalai dalam mengatur waktunya agar bisa datang ke kantor dengan tidak terlambat dan malah menyalahkan pengemudi ojek online yang tidak bisa mengebut. Padahal, mengebut di jalanan tidak boleh.

Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah jangan menyalahkan orang lain atas kesalahan kita sendiri.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi Skor 2
KD4.13 LOTS Memahami
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal